Tip Memilih Vakum Yang Tepat Untuk Rumah Anda

Sebelum membeli, pastikan anda memilih Vakum yang terbaik dan sesuai untuk keperluan anda. Baca dulu tip memilih vakum cleaner berikut

Tidak hairan jika anda keliru sewaktu memilih Vakum yang paling bagus untuk anda beli. Saat ini banyak sekali  jenis dan jenama Vakum dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan sehingga membuat anda semakin sukar untuk menentukan pilihan.

Namun, perlu ingat ya, tidak semua Vakum tepat untuk rumah Anda. Sangat penting untuk memahami panduan memilih vakum cleaner atau penyedut debu ini.

Baca tip memilih Vakum berikut ini agar anda tidak tersalah beli.

1.Kenali Jenis Vakum Yang Sesuai

Ada berbagai jenis Vakum yang dapat menjadi pilihan terbaik bagi Anda. Lihat dari fungsinya. ada Vakum jenis wet and dry yang dapat digunakan untuk menyedot debu dan kotoran kering maupun basah. Ada juga jenis dry yang hanya dapat menyedot debu dan kotoran kering.

Lihat dari rupa bentuknya, Vakum yang paling banyak digunakan untuk rumah tangga umumnya jenis canister dan handheld. Jenis canister memiliki bag debu yang lebih besar dan diletidakkan di lantai dengan dilengkapi roda, jadi lebih ringan sewaktu digunakan untuk membersihkan seisi rumah. Jenis ini umumnya memiliki harga yang lebih mahal.

Vakum jenis handheld memiliki harga yang lebih berpatutan, namun kapasiti penampung debunya lebih kecil dan operasinya adalah secara manual dengan tangan selama digunakan, jadi terasa lebih berat.

Saat ini juga banyak dijual Vakum jenis robot, yaitu yang dapat bergerak sendiri dengan sensor. Penggunaannya memang paling praktis, namun jenis ini umumnya lebih kecil dari segi kapisiti dan daya hisapnya.

Tip Memilih Vakum

2. Beri perhatian Filter Yang Dimiliki setiap Vakum

Salah satu keunggulan memakai Vakum untuk membersihkan rumah dibandingkan dengan sapu biasa adalah Vakum dapat menyaring udara dengan filter, sehingga udara rumah menjadi lebih bersih dan sehat. Teliti dahulu jenis filter apa yang dimiliki Vakum pilihan Anda.

Beberapa Vakum memakai filter kain yang dapat dicuci dan dipakai ulang. Namun filter terbaik untuk Vakum adalah filter HEPA yang dapat menyaring debu dan kuman hingga yang berukuran mikron. Filter HEPA juga dapat dibersihkan dan dipakai ulang untuk waktu yang lama.

BACA : 11 cara ubahsuai rumah secara DIY

3. Sesuaikan Dengan Keperluan

Bukan hanya memilih kualiti yang paling bagus, namun sesuaikan pilihan Anda dengan keperluan.

Misalnya jika Anda memerlukan Vakum untuk mobil, pilihlah jenis handheld yang berukuran lebih kecil dan biasanya tersedia jenis hand held yang khusus untuk mobil.

Jenis handheld juga baik dan membantu untuk membersihkan ruangan yang kecil dan lebih praktis saat disimpan. Namun jika Anda memerlukan Vakum untuk rumah yang berukuran besar, pertimbangkan untuk memilih jenis canister dengan kapisiti yang lebih besar dan lebih mudah untuk penggunaan dalam waktu yang lama.

Jika Anda memiliki haiwan peliharaan di rumah, juga sebaiknya memilih jenis canister yang memiliki kapisiti yang lebih besar sehingga dapat menampung bulu haiwan dan kotoran dari seluruh ruangan dan perabot di rumah.

Tip Memilih Vakum

4. Amati Penggunaan Kuasa Elektrik

Daya elektrik Vakum untuk  pengguna rumah bervariasi antara 350 hingga 1500 watt, tergantung dari ukuran dan jenisnya. Sebelum membeli Vakum, amati dulu daya elektrik rumah atau apartmen Anda.

Lalu, pilihlah Vakum dengan daya elektrik yang sesuai. Biasanya semakin kuat daya hisap Vakum dan semakin banyak ciri-ciri yang dimilikinya, maka daya elektriknya pun semakin besar. Pastikan daya elektrik rumah Anda cukup menyalakan Vakum pilihan Anda.

5. Beri perhatian Aksesori Vakum

Umumnya Vakum dilengkapi dengan aksesoris yang dapat dipasang di ujung Penyedut untuk fungsi yang bervariasi. Ujung Penyedut untuk membersihkan lantai tentu akan berbeza dengan yang untuk membersihkan karpet atau permukaan tempat tidur dan perabot rumah lainnya.

Beri perhatian apakah Vakum yang Anda beli dilengkapi dengan aksesori untuk penggunaan yang lengkap dan lebih bervariasi.

6. Pilih Yang Tahan lama dan Kualiti

Tidak hanya ciri-ciri yang lengkap, pilihlah Vakum yang tahan lama digunakan. Pastikan jenama yang Anda pilih sudah terkenal tahan lama dan baik kualiti, dan dilengkapi dengan jaminan. Biasanya jenama yang terkenal tahan lama akan memiliki masa jaminan yang lebih lama, terutama jaminan pada mesinnya.

7. Pertimbangkan Tempat Penyimpanan di Rumah

Apakah Anda memiliki ruang khusus di rumah untuk menyimpan Vakum dan alat-alat pembersih lainnya? Vakum jenis canister atau jenis drum akan memakan banyak tempat untuk penyimpanannya.

Meskipun Anda mampu membeli Vakum dengan ciri-ciri paling lengkap dan kualitas terbaik, namun jika Anda ingin menggunakannya untuk kamar kos atau apartemen satu kamar, sebaiknya pilihlah jenis yang lebih kecil yang tidak memakan banyak tempat saat disimpan.

Moga segala Tip Memilih Vakum ini dapat membantu korang memilih yang terbaik untuk penggunaan harian dan rumah kita pun akan lebih bersih dan bersinar.. yeay!

5 Comments

  1. Julia Johari July 23, 2020
  2. Nadia johari July 24, 2020
  3. IQ July 24, 2020
  4. SitiYangMenaip July 24, 2020
  5. Ai July 24, 2020

Add Comment

CommentLuv badge

error: Content is protected !!